Biografi Maulana Syaikh Zainuddin Abdul Madjid

  • Bagikan
Biografi Maulana Syaikh Zainuddin Abdul Madjid

MEDIA ID – Maulanasyaikh Zainuddin Abdul Madjid adalah sosok ulama tersohor pada masanya yang menjadikan lombok bersinar hingga saat ini. Atas jasanya membangun Madrasah, dan menghidupkan masjid sehingga diberi gelar Abul Madaris wal Masajid (Bapaknya Madrasah-madrasah dan Masjid).

Beliau adalah seorang ulama karismatis,  pendiri Organisasi Massa Islam terbesar di NTB. Yakni Organisasi Nahdlatul Wathan yang saat ini teruskan dan dilanjutkan oleh Maulanasyaikh TGKH. Muhammad Zainuddin At-Tsani. Berikut Biografi Maulana Syaikh:

Biografi Singkat Maulanasyaikh

Kelahiran Sang Maulana

Nama kecil beliau adalah ‘Muhammad Saggaf’, nama ini dilatarbelakangi oleh suatu peristiwa yang sangat menarik untuk dicermati, yakni tiga hari sebelum dilahirkan, ayahandanya, TGH. Abdul Madjid didatangi dua waliyullah.

Masing-masing dari Hadhramaut dan Maghrabi. Kedua waliyullah itu secara kebetulan mempunyai nama yang sama, yakni “Saqqaf”. Beliau berdua berpesan kepada TGH. Abdul Madjid supaya anaknya yang akan lahir itu diberi nama “Saqqaf”, yang artinya “Atapnya para Wali pada zamannya”. Kata “Saqqaf” di Indonesiakan menjadi “Saggaf” dan untuk dialek bahasa Sasak menjadi “Segep”. Itulah sebabnya beliau sering dipanggil dengan “Gep” oleh ibu beliau, Hajjah Halimah al-Sa’diyyah.

Setelah menunaikan ibadah hajji, nama kecil beliau tersebut diganti dengan ‘Hajji Muhammad Zainuddin’. Nama inipun diberikan oleh ayah beliau sendiri yang diambil dari nama seorang ‘ulama’ besar yang mengajar di Masjid al-Haram. Akhlaq dan kepribadian ulama’ besar itu sangat menarik hati ayahandanya. Nama ulama’ besar itu adalah Syaikh Muhammad Zainuddin Serawak, dari Serawak, Malaysia.

Karangan Kitab Syaikh Zainuddin Abdul Madjid

Adapun karangan beliau beberapa kitab, kumpulan doa, dan lagu-lagu perjuangan dalam bahasa Arab, Indonesia dan Sasak yakni:

– Risalah al-Tauhid
– Sullam al-Hija Syarah Safinah al-Naja
– Nahdlah al-Zainiah
– At Tuhfah al-Amfenaniyah
– Al Fawakih al-Nahdliyah
– Mi’raj al-Shibyan ila Sama’i Ilm al-Bayan
– Al-Nafahat ‘ala al-Taqrirah al-Saniyah
– Nail al-Anfal
– Hizib Nahdlatul Wathan
– Hizib Nahdlatul Banat
– Tariqat Hizib Nahdlatul Wathan
– Shalawat Nahdlatain
– Shalawat Nahdlatul Wathan
– Shalawat Miftah Bab Rahmah Allah
– Shalawat al-Mab’uts Rahmah li al-‘Alamin

(Lengkapnya baca di Wikipedia)

 

Itulah dia biografi singkat Almagfurulah Tuan Guru Kyai Hajji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid Al-Amfanany. Terimakasih telah membaca artikel tentang Biografi Maulana Syaikh. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kita dalam memahami sejarah dan mencintai para ‘Ulama. Aamiin

 

banner 120x600
  • Bagikan