Ketahui Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu

Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu

MEDIA ID – Kemungkinan besar Anda tidak asing dengan naman Rolex sebagai merk jam tangan. Ya, merk jam tangan ini sudah tidak hanya sekedar kebutuhan, namun sudah menjadi gaya hidup.

Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu

Dengan reputasi nama Rolex tersebut membuat ada banyak produsen nakal yang memproduksi jam tangan Rolex palsu alias KW Super.

Karena secara sekilas tampilannya sangat mirip, Anda bisa membedakannya dengan beragam cara. Berikut ini kami bocorkan cara membedakan Rolex asli dan palsu.

Beragam Cara Membedakan Jam Rolex Asli dan Palsu. Untuk kamu yang mungkin ingin segera membeli jam rolex dan takut membeli arloji rolex palsu atau kw. Kamu bisa mencoba membaca beberapa ciri-ciri ataupun cara untuk membedakan jam rolex tersebut palsu atau asli.

Berat Jam yang Cukup Ringan

Perlu Anda ketahui bahwa jam Rolex yang asli dibuat dengan bahan logam dan kristal asli. Maka dari itu tidak heran bila bobotnya agak berat.

Ciri khas arloji Rolex memiliki bobot yang agak berat dan terasa padat serta kokoh di pergelangan tangan Anda.

Bila Anda merasakan bobot yang sebaliknya, terdapat dua kemungkinan, yaitu di dalamnya tidak terdapat logam penting yang seharusnya ada atau memang dibuat dari bahan di bawah standar perusahaan Rolex alias kw.

Perhatikan Gerakan Jarum Detik

Gerakan jarum detik pada arloji Rolex yang asli terasa halus di seputar arloji. Hal ini berbeda dengan beberapa jam dinding atau jam tangan yang umumnya berdetak agak bergetar.

Anda bisa mengamati gerakan jarum detik ini. Bila gerakannya bergetar alias tersentak-sentak layaknya jam tangan yang umum dipasaran, Anda bisa pastikan bahwa jam tangan tersebut bukanlah jam tangan Rolex yang asli.

Pastikan Bunyi “tik tik tik” Tidak Ada

Satu hal yang perlu juga untuk tidak Anda lewatkan adalah dengan memastikan tidak adanya bunyi “tik.. tik.. tik..” pada arloji Rolex.

Seperti yang sudah disinggung poin sebelumnya bahwa gerakan jarum detik Rolex sangat halus sehingga nyaris tidak ada sentakan. Karena tidak adanya sentakan, maka seharusnya tidak ada bunyi “tik tik tik” pada arloji tersebut.

Bila Anda dengarkan dengan seksama atau teliti pada arloji tersebut dan ternyata menimbulkan bunyi jarum detik seperti pada arloji pada umumnya, Anda bisa memastikan bahwa arloji tersebut buka Rolex yang asli.

Perhatikan Bagian Belakang Arloji

Sampai saat ini banyak ditemukan arloji Rolex yang memiliki penutup berupa kaca transparan yang memungkinkan Anda melihat isi dari jam tersebut.

Lapisan ini biasanya tersembunyi di balik logam bagian belakang arloji (Anda bisa buka bagian ini), atau kadang juga tidak (tampil ekspos).

Bila Anda sampai menemukan lapisan belakang semacam itu, sudah bisa dipastikan bahwa Anda sedang memegang jam Rolex palsu.

Karena pada faktanya, tidak ada jam Rolex asli yang memiliki bagian belakang berupa kaca transparan. Sekalipun ada, itu hanya sebagai untuk pameran saja dan bukan untuk diperdagangkan.

Perhatikan Pembesaran Palus pada Tanggal

Seperti beberapa arloji premium lainnya, Rolex melengkapi arloji produksinya dengan bagian penunjuk tanggal yang berada di deka tangka 3.

Desain penunjuk tanggal ini sangat kecil sehingga membutuhkan kaca pembesar. Bagian ini sangat hampir mustahil ditiru oleh produsen lain.

Maka dari itu, bila Anda menemukan arloji dengan kaca pembesar tanggal namun ternyata hanya sekedar kaca biasa, sudah bisa dipastika Anda sedang memegang arloji Rolex imitasi.

Perhatikan Susunan Non-Logam pada Arloji Tersebut

Tidak heran lagi bila jam arloji premium seperti Rolex selalu menggunakan bahan-bahan premium sehingga tampilannya bisa tampak elegan dengan bobot yang berbeda.

Dengan begitu, Anda bisa memeriksa apakah band dan bagian punggung arloji tersebut memiliki kualitas bahan dari kulit atau logam berkualitas.

Bila Anda melihat jam tangan Rolex namun memiliki sabuk band terbuat dari plastic atau aluminium, bisa Anda pastikan bahwa itu jam Rolex yang palsu.

Uji Ketahanan Airnya

Nah, langkah ini merupakan langkah yang ekstrem. Anda perlu menguji ketahanan jam tersebut dengan mencelupkannya di dalam air.

Anda bisa menggunakan air dalam gelas dan mencelupkan arloji tersebut. Namun, pastikan bahwa semuanya sudah tertutup dengan rapat.

Bila sudah tertutup rapat namun terdapat embun atau air di dalamnya sekaligus jam tersebut rusak setelah dicelupkan, maka jam Rolex itu palsu.

Karena bagaimana pun juga, semua produk Rolex memiliki kerapatan yang sempurna dan tahan air. Dengan begitu, tidak ada kejadian air masuk ke dalam jam Rolex asli saat tercemplung ke dalam air.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa ciri-ciri dan cara membedakan Rolex asli dan palsu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa kunjungi INDODOMINIC.com. Sekian dan Terima kasih.