11 Cara Mempercepat Kinerja Komputer yang Super Lemot

Cara Mengatasi Komputer Lemot
Illustrasi gambar Windows 11 Lemot disebabkan oleh beberapa faktor. (sumber: popbela.com)

MEDIA ID – Tech, Apakah kamu orang yang sedang mengalami kendala lapotop/komputer lemot ketika mengerjakan tugas? Berikut Cara Mempercepat Kinerja Komputer yang super lemot telah kami rangkum dalam Tech Media ID

1. Mematikan Software Berjalan

Langkah pertama ialah mematikan software yang berjalan di latar belakang (tidak penting) ini akan memakan RAM dan membuat kinerja komputer menjadi lambat. Caranya Tekan CTRL+Shift+Esc pada keyboard, akan muncul Task Manager >> Lalu klik More details >> dan pilih software yang kiranya tidak penting untuk kita jalankan (end task)

2. Disk Cleanup & Temporary Files

a.) Sebab komputer lemot biasanya karena banyak sampah yang tinggalkan software. Tentu, file ini tidak penting untuk disimpan. Caranya Klik Windows >> Ketikkan Disk Cleanup >> Lanjut pilih OK. Tunggu sebentar, lalu centang semuanya untuk dihapus dan terakhir klik OK

Disk Cleanup - Media ID
Lakukan Disk Cleanup 2 Kali, caranya sama tetapi yang kedua pilih Clean up systelm files dan hapus seperti biasa.

b). Yang kedua membersihkan sampah (Temporary Files) Caranya tekan Windows + R lalu ketikkan %TMP% (tekan enter). Hapus semua file tersebut secara permanent dengan menekan Shift + Delete. Buka lagi windows + R ketikkan TEMP (enter dan hapus) jika ada file yang tidak bisa terhapus, skip saja, itu artinya ada software yang sedang berjalan.

 

3. Mematikan Start Up

a). Program yang otomatis berjalan ketika menyalakan komputer akan mengurangi kecepatan komputer. Caranya tekan CTRL + R lalu ketikkan MSCONFIG (enter).

Pada tab Services, centang Hide all Microsoft service lalu klik Tombol Disable All dan pilih OK. (Komputer minta restart)

b). Cara kedua buk. Pilih menu Start Up (disamping menu services).

4.

Donasi Sekarang