KIYAI Hamzanwadi: “Agar Tersebar Ajaran TUHAN” Ustadz Abdul Manan Marda

  • Bagikan
Syair Tuan Guru Zainuddin Atsani untuk Maulanasyaikh Zainuddin Abdul Madjid
Syair Tuan Guru Zainuddin Atsani untuk Maulanasyaikh Zainuddin Abdul Madjid

MEDIA ID – Bekal pulang ke akhirat adalah mengumpulkan sebanyak-banyaknya pahala semasa hidup di dunia. Salah satu ladang amal untuk mengumpulkan pundi-pundi kekayaan akhirat adalah berjuang fisabilillah lewat membangun dan menghidupkan madrasah.

Tidak heran mengapa sangat diutamakan oleh Al-Magfurulah guru besar kita Maulanasyaikh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid, begitu pulang dari menuntut ilmu di madrasah Assaulatiyyah Makkah Al-Mukarromah, gerakan pertama yang beliau lakukan adalah membangun madrasah.

Meskipun mengajak ummat saat itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, bahkan yang terjadi adalah beliau harus rela diberhentikan sebagai Imam dan khotib di masjid Pancor. Yang beliau tuju adalah bagaimana AJARAN TUHAN, Allah Swt dimuka bumi makin tersebar.

Terbukti usaha beliau itu tidak sia-sia. Dengan talenta komunikasi beliau yang briliant, menarik hati masyarakat agar senang dan gemar berfastabiqulkhoirot, disertai dengan kegigihan beliau yang totalitas berjuang, maka lahirlah dua induk madrasah yang terkenal dengan NWDI (Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah) dan NBDI (Nahdlatul Banat Diniyah Islamiyah).

Kini dari dua lembaga madrasah yang bersejarah itu, telah tumbuh dan berkembang menjadi ribuan madrasah yang tersebar di Nusantara. Apalagi cara jitu agar ajaran Tuhan tersebar?

Yang namanya kebaikan harus diorganisir, karena Imam Ali Karromallohuwajhah mengingatkan: Kebenaran yang tak terorganisir akan dikalahkan oleh kebathilan yang terorganisir.

Wajarlah di kemudian hari pada tahun 1 Maret 1953, Abul Madaris Wal-Masajid melahirkan karya besar bernama organisasi NW (Nahdlatul Wathan).

Pahlawan Nasional itu, ternyata ahli dalam organisasi, masa yang masih terbilang jauh orang ramai bicara organisasi, tapi beliau sudah memiliki visi yang jauh kedepan, sebuah organisasi harus profesional dengan segala dari regulasi dan badan hukumnya beliau buatkan.

Bukan itu saja, sayap-sayap penguatan organisasi berupa badan – badan otonom juga beliau kembangkan.

Alhamdulillah, sampai kepemimpinan Maulanasyaikh Atsani, TGKH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani selaku PBNW dan penerus Perjuangan, kita saksikan begitu banyak telah bergerak, yang kesemuanya itu akan turut menguatkan organisasi dalam rangka AGAR TERSEBAR AJARAN TUHAN seperti obsesi dan seruan Sang Sultonul Auliya itu:

“Buka Madrasah Desa dan Dasan
Agar Tersebar Ajaran Tuhan
Ikatan Pelajar PG aktifkan
Himmah- Pemuda Terus Tonjolkan”

(Selasa, 9 Jumadil Awwal 1443 H / 14 Desember 2021) Sumber: Diary Jumadil Awal (17)

banner 120x600
  • Bagikan