Blog  

Dua Kategori Utama Chatbot, ini dia Jenis-Jenis Chatbot

Tahukah anda apa saja berbagai Jenis-Jenis Chatbot? Kebanyakan dari kita hanya tahu tentang manfaatnya saja yang luar biasa bagi kehidupan, akan tetapi tidak mengetahui jenis-jenisnya. Padahal, chatbot terdiri dari beberapa jenis loh, nah pada artikel ini kami akan bahas mengenai Dua Kategori Utama Chatbot dan Jenis- Jenis Chatbot yang perlu anda ketahui disini.

Tentang Chatbot dan Jenis-Jenis Chatbot

Chatbot alias chatterbot sendiri merupakan program komputer yang mensimulasikan percakapan manusia melalui perintah suara atau text chat atau bahkan keduanya. Ada pula yang mengartikannya sebagai fitur kecerdasan buatan (AI) yang bisa disematkan dan digunakan melalui aplikasi messenger apa pun.

Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak perusahaan bisnis yang telah mengintegrasikannya ke dalam platform digital. Baik itu fashion, makanan atau bahkan perusahaan milik negara. Bahkan, asisten virtual saja misalnya seperti layanan pesan dan juga Google Assistant seperti Facebook messenger dan sebagainya.

Jenis-Jenis Chatbot

Nah, yuk simak terlebih dahulu mengenai apa saja jenis-jenis chatbot yang telah kami rangkum disini.

Machine Learning Chatbots

Jenis pertama adalah Machine Learning Chatbots. Jenis ini menggunakan machine learning (ML) dan kecerdasan buatan (AI) untuk mengingat percakapan guna belajar dan meningkatkan kemampuan seiring berjalannya waktu. Tidak seperti bot yang berbasis pengenalan kata kunci, chatbot kontekstual cukup cerdas untuk meningkatkan kemampuan berdasarkan apa dan bagaimana pengguna menanyakannya.

Misalnya, chatbot kontekstual yang memungkinkan pengguna memesan makanan, Chatbot akan menyimpan data dari setiap percakapan dan mencari tahu apa yang ingin ditanyakan pengguna.

Hasilnya adalah saat pengguna mengobrol dengan chatbot ini, chatbot akan mengingat pesanan paling populer, alamat pengiriman, dan informasi pembayaran, lalu cukup menanyakan apakah mereka ingin mengulangi pesanan tersebut atau tidak. Namun, Alih-alih anda harus menjawab berbagai macam banyaknya pertanyaan.

Linguistic Based (Rule-Based Chatbots)

Selanjutnya yaitu Linguistic Based (Rule-Based Chatbots) yang merupakan jenis chatbot atau berbasis aturan untuk menciptakan alur percakapan otomatis menggunakan logika if/then. Yang Pertama, Anda harus diperhatikan menentukan kondisi bahasa untuk chatbot Anda.

Kondisi tersebut dapat berupa penilaian kata, urutan kata, sinonim, dan lain-lain. Jika permintaan yang masuk sesuai dengan kondisi yang ditentukan oleh chatbot Anda, maka pelanggan Anda dapat menerima bantuan yang sesuai dalam waktu singkat.

Hybrid Model 

Perusahaan gemar mengembangkan chatbot bertenaga AI, tetapi mereka tidak selalu memiliki bakat atau data dalam jumlah besar untuk mendukungnya. Oleh karena itu, mereka memilih model hibrida. Hybrid Model menawarkan yang terbaik dari kedua dunia kesederhanaan chatbot berbasis aturan, dengan kompleksitas bot AI.

Menu atau Button-Based Chatbots

Chatbot berbasis Daftar atau Tombol adalah jenis dasar yang saat ini sedang diimplementasikan di pasaran. Dari banyaknya kasus jenis chatbot yang satu ini menggunakan hierarki pohon keputusan yang telah disajikan kepada para pengguna yang biasanya dalam bentuk tombol. Serupa dengan menu telepon otomatis yang hampir setiap hari kita gunakan, chatbot ini mengharuskan pengguna untuk membuat beberapa pilihan untuk menyelidiki jawaban akhir.

Keyword Recognition-Based Chatbots

Tidak seperti ulasan sebelumnya, chatbot berbasis pengenalan kata kunci dapat mendengarkan apa yang diketik penggunanya dan kemudian merespons dengan tepat. Sesuai namanya, jenis ini menggunakan kata kunci yang dapat Anda sesuaikan dan terapkan dengan AI – Natural Language Processing (NLP) untuk menentukan cara memberikan respons yang tepat dan cepat kepada pengguna.

Model Voice Command

Jenis Model Voice Command yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan percakapan melalui perintah suara. Jenis ini lebih praktis dan mudah dibanding jenis bot lainnya. Bot ini dapat menangkap dan menanggapi percakapan hanya melalui suara.

Dua Kategori Utama Chatbot AI

Jenis Chatbot AI yang satu ini secara garis besar dibagi jadi dua kategori utama, yaitu:

Chatbot Berbasis Aturan

Chatbot ini sudah beroperasi berdasarkan serangkaian aturan yang telah ditetapkan sebelumnya. Chatbot ini hanya dapat menanggapi pertanyaan yang telah diantisipasi dan dirancang untuk menangani skenario tertentu.

Chatbot berbasis aturan ini cenderung lebih sederhana dan tidak memerlukan banyak data untuk dilatih. Dan biasanya, kategori utama chatbot berbasis aturan ini menggunakan pohon keputusan atau pencocokan pola supaya bisa menanggapi berbagai macam pertanyaan pengguna.

Chatbot Berbasis AI

Chatbot yang satu ini justru menggunakan teknologi AI, yang memang dikhususkan pembelajaran mesin dan juga NLP supaya bisa memahami dan belajar melalui interaksi dengan para pengguna. Chatbot satu ini juga bisa mengenali berbagai macam pola dalam percakapan, bahkan juga bisa memahami jenis konteksnya dan memberikan sebuah jawaban yang justru lebih personal dan relevan.

Dati waktu ke waktu Chatbot AI bisa terus meningkatkan kemampuannya dengan cara belajar dari interaksi sipengguna. Misalnya, melalui teknik pembelajaran mendalam, chatbot AI dapat meningkatkan kemampuannya untuk memahami maksud pengguna dengan lebih akurat.

Demikian penjelasan tentang Dua Kategori Utama Chatbot, ini dia Jenis-Jenis Chatbot seperti yang dilansir slot semoga bermanfaat, terimakasih.