Blog  

Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Membeli Motor Bekas

Ketika anda sedang mencari atau membutuhkan motor bekas memang butuh kehati-hatian saaf ingin membeli. Konsumen juga tidak boleh terburu-buru karena dibutuhkan kesabaran dalam memilih kendaraan yang tepat. Meski tidak semahal motor baru, biaya yang dikeluarkan untuk membeli motor bekas tetaplah besar. Jadi, jangan sampai Anda kecewa karena tidak cermat dalam memilih motor.

Perhatikan ini Sebelum beli Motor Bekas

Motor bekas kerap menjadi pilihan bijak bagi mereka yang ingin memiliki kendaraan bermotor dengan bujet lebih terjangkau. Namun, perlu diperhatikan bahwa tanpa kehati-hatian, Anda bisa menghadapi risiko kerugian finansial yang lebih besar saat membeli motor bekas.

Faktor-faktor seperti kondisi mesin hingga kelengkapan dokumen kendaraan menjadi potensi masalah yang perlu diwaspadai. Penting untuk dipahami dengan baik bahwa ada beberapa hal krusial yang wajib Anda periksa. Dalam artikel ini, kami akan bahas beberapa Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Motor Bekas.

Ketahui harga pasaran motor terkini

Langkah pertama dalam membeli motor bekas adalah dengan mengecek harga pasaran motor yang Anda incar. Saran ini membantu Anda terhindar dari penipuan dan memastikan pembelian sesuai dengan bujet yang telah ditetapkan. Hindari motor bekas yang ditawarkan dengan harga yang tidak sepadan dengan motor baru.

Mengetahui harga pasaran juga menghindarkan Anda dari keputusan impulsif terhadap tawaran motor dengan harga yang terlalu murah. Informasi ini bisa diperoleh dari berbagai sumber, termasuk media sosial, teman, atau platform media lainnya.

Cek kondisi oli

Pastikan jumlah oli tidak berlebihan dan oli yang digunakan masih dalam kondisi bagus untuk mengurangi suara mesin. Periksa kapasitas oli menggunakan pengukur batas maksimal pada tutup oli untuk memastikan bahwa kendaraan masih menggunakan oli optimal.

Proses menyalakan mesin

Saat melakukan hal ini, tidak perlu menambahkan gas, biarkan saja mesin menyala. Tujuannya supaya anda tahu apakah suara mesin masih terdengar halus atau tidak. Biasanya, mesin yang dinyalakan tanpa menambahkan gas dan dengan putaran mesin di bawah 1500 rpm akan menunjukkan adanya masalah. Jika mesin tiba-tiba mati, bisa jadi itu pertanda adanya beberapa masalah pada mesin.

Mengecek speedometer dan indikator

Mengecek speedometer merupakan tips penting dalam membeli motor bekas yang tidak boleh diabaikan. Saat motor menyala, pastikan speedometer berfungsi dengan baik, mengingat perannya yang penting bagi fungsi kendaraan.

Selain speedometer, pastikan juga indikator lain seperti meteran bahan bakar, lampu sein, dan penghitung jarak tempuh berfungsi dengan baik.

Pastikan tidak ada masalah atau lampu mati pada panel indikator. Cara terbaik untuk mengeceknya adalah dengan langsung mengendarai kendaraan dan mengecek kinerja speedometer beserta indikator lainnya.

Dengan melakukan pengecekan menyeluruh terhadap 7 aspek di atas, Anda dapat memperbesar peluang mendapatkan motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya selalu lakukan inspeksi dengan mekanik bila perlu, untuk memastikan motor bekas yang akan Anda beli benar-benar dalam kondisi optimal.

Cek kondisi bodi motor bekas

Setelah memastikan kelengkapan dokumen dan kecocokan pelat nomor, cek kondisi fisik motor bekas. Pastikan motor bekas bebas dari goresan, penyok, atau retak yang mungkin mengindikasikan kecelakaan. Tanyakan apakah semua suku cadang masih orisinil tanpa perubahan yang berarti. Ajak teman atau saudara yang memang ahli di bidang motor untuk membantu.

Cek dokumen motor bekas

Untuk tahap pengecekan kondisi pada motor, anda harus lebih fokus ke pengecekan dokumen kendaraan tersebut. Sebaiknya pastikan dahulu dokumennya seperti BPKB , STNK , Plat nomor sesuai dengan nama pemilik motor bekas yang anda baru beli. an cek kecocokan nama pemilik motor.

BPKB dapat memberikan informasi seberapa sering motor berpindah tangan, yang sangat berguna untuk mengetahui riwayat kepemilikannya. Pemeriksaan dokumen ini sangat penting untuk menghindari pembelian motor bekas yang terkait dengan tindak pidana, apalagi dengan maraknya pencurian kendaraan bermotor saat ini.

Periksa nomor rangka dan nomor mesin motor

Langkah aman yang selanjutnya harus diperhatikan jika ingin membeli motor bekas yaitu memeriksa nomor rangkanya dan juga nomor mesin motor. Pastikan nomor rangka dan nomor mesin sama dengan yang tercantum di STNK atau BPKB.

Namun sebaiknya anda harus cek kembali meski nomor rangka yang tertera sesuai dengan yang ada didokumen. Anda tetap harus waspada dan melakukan hal-hal ini untuk memastikan keaslian nomor rangka:

– Raba nomor rangka dan nomor mesin motor dengan tangan Anda

– Pastikan angka yang tertera tidak terasa kasar

– Pihak yang menerima motor curian kerap menyamarkan nomor rangka dan nomor mesin dengan cara disadap untuk mengelabui calon pembeli

– Sebaiknya anda batalkan saja niat untuk membeli bila nomor rangka tidak sesuai dan terasa kasar supaya tidak jadi kendala ketika urus surat-surat kendaraan

Untuk memastikan keaslian nomor rangka dan nomor mesin, Anda bisa menggunakan layanan kepolisian dengan mengirimkan pesan singkat dengan format nomor polisi Metro (spasi) lalu kirim ke 1717. Namun sayangnya, layanan atau jasa cek keaslian nomor rangka ini cuma berlaku di luar kota yaitu untuk wilayah Jakarta.

Demikian penjelasan tentang Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Motor Bekas seperti yang dilansir slot online terpercaya, semoga bermanfaat, terimakasih.