Blog  

Bagaimana Tips Merawat Mobil Diesel Dengan Tepat? Berikut Penjelasannya

Mobil diesel menjadi pilihan masyarakat untuk menjadikan mobil idamannya. Ditambah lagi, teknologi mesin diesel yang semakin canggih juga membuat mobil jenis ini semakin diminati di pasaran. 

Meski dinilai awet, mobil diesel juga butuh perawatan agar tetap awet. Untuk semua jenis mobil rata-rata perawatan atau servisnya juga dilakukan untuk memastikan performanya tetap prima. Berikut Tips Merawat Mobil Diesel yang perlu Anda ketahui.

Beberapa Tips Merawat Mobil Diesel

Pilih Bahan Bakar Yang Berkualitas

Banyak dari kita yang salah memilih bahan bakar untuk mobil yang kita gunakan karena tidak memahami kualitas bahan bakar dengan kebutuhan mesin. Padahal, sangat penting bagi kita untuk memahami bahwa bahan bakar merupakan salah satu hal yang paling memengaruhi umur mesin mobil diesel. 

Pastikan untuk memilih bahan bakar berkualitas yang tidak memiliki kandungan sulfur yang tinggi. Adapun beberapa komponen yang bisa merusak injektor mobil contohnya pada kandungan sulfur yang tinggi. 

Wajib Rutin Mengganti Filter Bahan Bakar Atau Solar

Selain memilih bahan bakar yang berkualitas, tentunya filter bahan bakar atau solar harus rajin diganti dan dibersihkan agar dapat terus menyaring kotoran dan kandungan air dalam bahan bakar. Jika bahan bakar Anda jarang diganti, maka kotoran didalam mesin akan menumpuk. Sehingga hal tersebut menyebabkan mobil mudah mogok akibat pembakaran yang tidak sempurna. 

Pilih Oli yang Tepat Dan Sesuai

Selanjutnya, pastikan Anda memilih oli yang tepat dan sesuai untuk mesin diesel. Mesin diesel membutuhkan oli yang lebih kental karena memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan mobil berbahan bakar bensin. Saat Anda ingin mengganti oli sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kepada mekanik mengenai jenis oli yang cocok untuk Anda pakai. Jangan sampai salah pilih oli, karena bisa saja mesin Anda akan mengalami kerusakan yang parah. 

Wajib Rutin Mengganti Filter Udara

Selain mengganti filter bahan bakar, tentunya filter udara juga harus diganti agar dapat menyaring debu dan kotoran dengan sempurna. Menunda penggantian filter dapat berdampak buruk pada mesin. Filter udara yang kotor bisa menyebabkan pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Tak jarang, filter udara yang kotor juga dapat menyebabkan mobil diesel mogok.

Rutin Membersihkan Injektor Mesin

Injektor mesin juga perlu dibersihkan! Sebab, injektor mesin yang bersih dapat menjaga performa mesin tetap baik, irit bahan bakar, dan cara membersihkannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu membawanya ke bengkel dan teknisi akan menyemprotkan cairan ke saluran bahan bakar mesin.

Anda juga bisa meminta mekanik bengkel untuk melakukan servis injektor agar tidak mengalami masalah-masalah lagi. Pembersihan injektor ini biasanya dilakukan menggunakan campuran cairan ke dalam bahan bakar. Ada pula bengkel yang mengatasinya dengan cara melepas komponen injektor, kemudian membersihkannya secara manual.

Lakukan Servis Secara Berkala

Agar menjaga kualitas mesin mobil diesel tetap stamina, maka Anda harus melakukan servis berkala.. Jadi, jika memungkinkan, rawatlah secara berkala agar tidak rusak.

Panaskan Mobil Sebelum Digunakan

Layaknya mobil berbahan bakar bensin yang perlu dipanaskan terlebih dahulu, pastikan Anda selalu memanaskan mesin mobil selama 5-10 menit sebelum digunakan. Hal ini dilakukan agar oli di dalam mesin dapat bersirkulasi untuk melumasi setiap komponen yang ada di dalam mesin. Bila dipakai langsung tanpa dipanaskan terlebih dahulu, mesin mobil bisa rusak akibat gesekan yang disebabkan oli yang tidak bersirkulasi.

Jangan Pernah Langsung Mematikan Mesin Mobil

Terakhir, jangan pernah langsung mematikan mesin mobil karena dapat menyebabkan mobil tersetrum dan komponen mesin mobil rusak. Jadi berikan waktu pada komponen mesin untuk mendingin terlebih dahulu. 

Biarkan mobil menyala tanpa menggerakkannya selama beberapa menit sebelum mematikan mesin, terutama pada mesin diesel dengan turbo. Hal ini karena mesin diesel memiliki tingkat tegangan yang lebih tinggi daripada mesin bensin sehingga memerlukan proses pendinginan sebelum mematikan mesin.

Segera Perbaiki Apabila Terjadi Kerusakan

Kondisi kendaraan sangat memengaruhi harga jualnya. Kalau kondisinya bagus atau bahkan tanpa cacat, Anda bisa mematok harga jual yang tinggi dan banyak pembeli yang akan mengantre untuk membelinya. Sebab, mobil tidak perlu dipreteli apa pun, tinggal pakai saja. Sedangkan untuk mobil yang memiliki kekurangan, seperti bodi tergores, pelek penyok, dan kaca pecah, harga jualnya pasti lebih murah. 

Sebab, pembeli tetap harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaiki mobil sebelum akhirnya bisa dipakai untuk berkendara. Kalau mobil memang perlu diperbaiki, segera bawa ke bengkel. Lakukan makeover supaya harga jualnya tinggi. Yang namanya barang pasti ada kerusakannya. Kadang kerusakan ini tetap saja terjadi meski sudah dilakukan perawatan rutin. 

Hal ini wajar saja karena kerusakan bisa saja disebabkan oleh faktor lain seperti kecelakaan, dan sebagainya. Oleh karena itu, segera perbaiki mobil jika mendeteksi adanya kerusakan agar tidak merusak mesin diesel secara keseluruhan. Komponen mobil yang rusak sebaiknya dibawa ke bengkel terpercaya agar segera diperbaiki sesuai dengan permasalahannya. 

Bila tidak diperbaiki, kenyamanan berkendara bisa terganggu, bahkan bisa membuat mobil tidak bisa dipakai sama sekali. Saat ini mobil sudah dilengkapi dengan teknologi yang bisa mendeteksi kerusakan sehingga Anda bisa langsung mengetahuinya. Kerusakan mobil akan menghabiskan biaya perbaikan, jadi gunakan asuransi mobil untuk meringankan beban Anda.

Demikian ulasan artikel tentang Bagaimana Tips Merawat Mobil Diesel Dengan Tepat seperti yang dilansir maniawin. Semoga bermanfaat.