Blog  

5 Marketplace Online Terbesar di Indonesia (Update 2023)

Avatar photo

Dari banyaknya platform belanja online, nyatanya marketplace masih menjadi tempat favorit bagi para pelanggan untuk melakukan aktivitas belanja.

Marketplace adalah salah satu media pemasaran yang bisa dimanfaatkan untuk memulai bisnis secara online. Saat ini banyak pebisnis yang mulai berjualan melalui e-commerce dan marketplace mulai dari UMKM hingga brand-brand besar yang ada di Indonesia.

Dalam artikel ini, kita akan bahas bagaimana perkembangan e-commerce atau marketplace online saat ini dan apa saja marketplace terpopuler di Indonesia.

1. Shopee

Lihat di Shopee

Sebagai salah satu jawara marketplace di kawasan ini, terutama di negara-negara “mobile-first”. Shopee adalah toko online yang bergerak dan terdiversifikasi yang juga menyediakan pengalaman belanja web biasa.  Platform utama di seluruh Asia Tenggara, Shopee juga hadir di Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, serta di Taiwan.

  • Situs Web: www.shopee.co.id
  • Jumlah Pengunjung: 131.296.667 kunjungan per bulan

2. Tokopedia

Tokopedia adalah pasar online terbesar di Indonesia, memungkinkan individu dan bisnis untuk membuka dan mengelola toko online mereka sendiri dengan mudah. Tokopedia telah menerima dana lebih dari $100 juta dari Softbank Jepang dan perusahaan modal ventura teknologi Amerika yang terkenal, Sequoia Capital.

  • Situs Web: www.tokopedia.com
  • Jumlah Pengunjung: 158.346.667 kunjungan per bulan

3. Lazada

Sebagai Aplikasi e-commerce di Indonesia, Lazada juga hadir di Thailand, Filipina, Singapura, Malaysia dan Vietnam.  Lazada adalah department store dan pasar online untuk pengecer untuk menjual produk mereka sendiri.

Didirikan pada 2011 oleh Rocket Internet, raksasa e-commerce China, Alibaba mengakuisisi saham pengendali di Lazada dan operasinya di Asia Tenggara pada 2016.

  • Situs Web: www.lazada.co.id
  • Jumlah Pengunjung: 26.640.000 kunjungan per bulan

4. Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu pasar online terkemuka di Indonesia, menyediakan platform e-commerce untuk berbagai brand dan individu agar mudah membeli dan menjual online. Bukalapak menekankan kemudahan dan keandalan e-commerce, memberikan jaminan finansial ekstra kepada pelanggannya.

  • Situs Web: www.bukalapak.com
  • Jumlah pengunjung: 21.303.333 kunjungan per bulan

5. Blibli

Blibli adalah pusat perbelanjaan online dengan beragam penawaran produk dari komputer dan gadget, mode, kesehatan dan kecantikan, ibu dan anak, rumah dan dekorasi, otomotif. Ini juga menyediakan pengunjung dan pelanggan dengan promosi khusus, tiket, dan voucher.

  • Situs Web: www.blibli.com
  • Jumlah Pengunjung: 19.736.667 kunjungan per bulan